Pages

Thursday 31 October 2013

Asal Gula Semut

Nira dari pohon kelapa dapat diolah menjadi gula kelapa. Sebagian kecil buah kelapa diolah untuk dijadikan sebagai minyak kelapa menggunakan cara tradisional, dan yang terbanyak adalah menjual buah kelapa hasil panenan tanpa diolah. Selama ini pengolahan nira menjadi gula jawa masih dilakukan secara tradisional kemudian dijual ke tengkulak atau pasar. Produk gula dari bahan dasar nira ini dikenal dengan nama gula semut. 
Sampai saat ini belum banyak dijumpai penduduk yang berwira usaha untuk mengolah nira menjadi gula semut aneka rasa, yang bila ditambah dengan jahe, kencur, atau bahan lain dapat menjadi produk gula semut aneka rasa untuk kesehatan. 
Saat ini gula semut banyak dijumpai di beberapa supermarket, bahkan sudah dieksport ke Australia maupun Eropa, karena digunakan sebagai minuman kesehatan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan antara lain mencegah perut kembung, masuk angin, flu, batuk, maupun sebagai penghangat badan. Selain itu, gula semut dapat tahan lama tanpa penambahan bahan pengawet.

No comments:

Post a Comment