Pages

Thursday 31 October 2013

Gula Kelapa

Gula merah biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Gula kelapa adalah gula yang dihasilkan dari penguapan nira pohon kelapa. Gula kelapa atau dalam perdagangan disebut gula jawa, gula merah atau gula nira, biasanya dijual dalam bentuk setengah mangkok atau setengah elip. Bentuk demikian ini dihasilkan dari cetakan yang digunakan berupa setengah tempurung kelapa (jawa:bathok).kecuali itu, adapula yang menggunakan cetakan bambu, sehingga bentuknya bulat silindris.


Gula kelapa masih banyak digunakan khususnya masyarakat jawa sebagai bumbu masak karena memiliki aroma dan rasa yang khas karamel palma. Disamping itu, gula kelapa juga digunakan untuk pemanis minuman, bahan pembuat kecap, bahan pembuat dodol, dan pembuat kue serta bahan penambah cita rasa pada makanan.
Selain gula kelapa dalam setengah tempurung kelapa dan bulat silindris, adapula dalam bentuk gula semut. Gula semut dibuat dari gula kelapa yang dipadukan dengan empon-empon seperti kencur, jahe, maupun temu lawak. Gula semut tersebut memiliki berbagai manfaat kesehatan antara lain mencegah perut kembung, masuk angin, flu, batuk, maupun sebagai penghangat badan.
Oleh karena gula semut saat ini banyak dicari orang, bahkan sudah ada pengusaha yang mengeksport sampai Australia maupun Eropa (www.food-info.net). Penggunaannya cukup praktis yaitu tuang 2-3 sendok makan gula semut jahe ke dalam gelas ukuran sedang, tinggal tambahkan air panas/ dingin, aduk hingga kristal larut kemudian siap untuk diminum. Salah satu produk gula semut seperti tampak pada gambar berikut :


No comments:

Post a Comment